Home » » Jokowi Bersiap Kerja Sama Ekonomi RI-Uni Eropa

Jokowi Bersiap Kerja Sama Ekonomi RI-Uni Eropa

Posted by Portal Paiton

 Jokowi Bersiap Kerja Sama Ekonomi RI-Uni Eropa
Portal Paiton - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengunjungi Jerman, Belgia, Inggris, dan Belanda pada tanggalpp 18 hingga 22 April. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi akan melakukan perundingan kerja sama antara Indonesia dengan Uni Eropa melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Kunjungan kerja Presiden kesana merupakan sekaligus membuka jalan perjanjian. Jadi, nantinya Presiden terutama ke Brussel (Ibu Kota Belgia), hal itu akan ada pengumuman apakah perundingan sudah dapat dimulai," tutur Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jumat (16 April 2016).

Darmin jug menjelaskan, pada kesepakatan perundingan tersebut Indonesia dan Uni Eropa akan menyamakan visi sebelum sepakat terhadap CEPA. Untuk perjanjian kerja sendiri disama itu mencakup sektor barang, jasa, dan investasi yang terikat.

Sebelumnya, Darmin melanjutkan bahwa pemerintah telpah menyampaikan rencana kerja sama melalui CEPA ke Uni Eropa serta telpah mendapat respons. Seterusnya akan ditindaklanjuti dalam kunjungan Jokowi ke Brussel.

"Sudah ada komentar dari Uni Eropa, dan kemudian kita telah pelajari. Kita sudah mengambil yang kita sepakati apa saja. CEPA itu comprehensive agreement, mencakup banyak hal", tutup Darmin.


0 komentar:

Posting Komentar